Suara Indah Alat Musik Alunannya Tenang Mendayu Seakan Selalu Berbisik Aku Selalu Ada Untukmu Aku Suka Alat Musik Itu Karena Itu Aku Ingin Menjadi Pemainny

Suara indah alat musik Alunannya tenang mendayu Seakan selalu berbisik Aku selalu ada untukmu Aku suka alat musik itu Karena itu aku ingin menjadi pemainnya Inilah cita-citaku Menjadi pemain biola Langkah-langkah kujalani Semua cobaan kulewati Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan Semua akan kuperjuangkan 2. Tuliskan rima dari puisi di atas!

Suara indah alat musik => i

Alunannya tenang mendayu => u

Seakan selalu berbisik => i

Aku selalu ada untukmu => u

Aku suka alat musik itu => u

Karena itu aku ingin menjadi pemainnya => a

Inilah cita-citaku => u

Menjadi pemain biola => a

Langkah-langkah kujalani => i

Semua cobaan kulewati => i

Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan => a

Semua akan kuperjuangkan => a

Rima dari puisi diatas adalah :

  • Bunyi akhir pada bait pertama adalah i-u-i-u/rima silang
  • Bunyi kedua akhir pada bait kedua adalah u-a-u-a atau rima silang dan
  • Bunyi akhir pada bait ketiga adalah i-i-a-a atau rima pasang.

Penjelasan :

Rima puisi adalah persamaan atau persamaan bunyi pada akhir, baik itu dalam larik ataupun sajak. Rima merupakan unsur penting dalam suatu puisi. Rima berguna untuk menambah keindahan suatu puisi.

Jenis Jenis Rima :

  1. Rima akhir, pengulangan pada akhir baris
  2. Rima silang (a-b-a-b)
  3. Rima terus (a-a-a-a)
  4. Rima pasang (a-a-b-b)
  5. Rima patah (a-a-a-b/a-b-a-a/a-a-b-a)
  6. Rima peluk (a-b-b-a)

Detail Jawaban :

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : SD

Materi : Rima Puisi


Comments